NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-AKHLAK LI AL-BANIN JILID I KARYA UMAR BIN AHMAD BARAJA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh membiyaknya krisis akhlak di masyarakat. Hal tersebut terjadi disebabkan minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan akhlak anak sejak dini. Selain itu perhatian orang tua terhadap pendidikan akhlak anak sejak kecil. Selain itu perhatian dan penerapan pendidikan akhlak di lingkungan sekolah juga kurang maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Li Al-Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja’ Permasalahan dibahas dengan menggunakan metode (Library research). Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Data primer diperoleh dari kitab Al-Akhlak Li Al-Banin Jilid I, sedangkan data sekunder diperoleh dari internet, kitab-kitab hadits maupun buku-buku pendidikan. Setelah data terkumpul, dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis. Penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Al-Akhlak Li Al-Banin Jilid I merupakan refrensi pendidikan akhlak klasik yang berbahasa Arab. Isi yang disajikan sederhana dan mudah dipahami. Ruang lingkup materi yang diajarkan mencakup aktivitas anak dalam kehidupan sehari-hari, yaitu akhlak kepada Allah SWT, Rasulullah Muhammad SAW, dan kepada sesama, keluarga, kerabat, masyarakat, diri sendiri, dan akhlak kepada lingkungan. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Akhlak Li Al-Banin Jilid I diantaranya adalah religious, sopan santun, dermawan, dan rendah hati. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi penulis dan sumbangan pemikiran untuk pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISNU Jepara khusunya tentang penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak untuk anak.