ctrlnum 3100
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/</relation><title>ETIKA GURU TERHADAP MURID DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim Karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy&#x2019;ari Jombang)</title><creator>RINA SYARIFATIN, 141310003016</creator><subject>2X7.3 Pendidikan Agama Islam</subject><subject>371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim. (2) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim ditinjau dari Perspektif Pembelajaran Pendidikan Islam. (3) Bagaimana Implementasi Pemikiran KH. Hasyim Asy&#x2019;ari tentang Etika Guru dalam Pendidikan Modern.&#xD; Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskritif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode interprestasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran KH. Hasyim Asy&#x2019;ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir KH. Hasyim Asy&#x2019;ari yang tertuang pada kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim tentang etika guru terhadap murid.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Uraiannya terfokus pada sikap &#x2013; sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun (1) Etika guru pada kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim antara lain : a. Etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sakinah, wara&#x2019;, tawadhu&#x2019;, khusyu&#x2019;, senantiasa berpedoman pada hukum Allah SWT. b. Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pelajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al &#x2013; Qur&#x2019;an, mengatur volume suara. c. Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ikhlas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran. (2) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim ditinjau dari Pembelajaran Pendidikan Islam yaitu Seorang guru agama Islam bertanggung jawab atas religiusitas anak didiknya meski tidak secara penuh -masih ada orang tua dan diri anak sendiri- oleh karena itu penting bagi seorang guru agama Islam untuk menciptakan suasana yang religius bersifat vertikal yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan ritual serta menegakkan komitmen dan loyalitas terhadap moral force di sekolah dan lain-lain yang merupakan bentuk dari habl min Allah.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, tenaga pengajar, peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA.</description><date>2018-03-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/1/141310003016_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/2/141310003016_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/3/141310003016_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/4/141310003016_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/5/141310003016_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/6/141310003016_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/7/141310003016_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RINA SYARIFATIN, 141310003016 (2018) ETIKA GURU TERHADAP MURID DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Adabul Alim Wa Al &#x2013; Muta&#x2019;allim Karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy&#x2019;ari Jombang). Skripsi thesis, UNISNU Jepara. </identifier><recordID>3100</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RINA SYARIFATIN, 141310003016
title ETIKA GURU TERHADAP MURID DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim Karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari Jombang)
publishDate 2018
isbn 141310003016
topic 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
371.1 Guru
Tenaga Pendidik
Tenaga Pengajar
url http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/1/141310003016_COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/2/141310003016_BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/3/141310003016_BAB%20II.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/4/141310003016_BAB%20III.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/5/141310003016_BAB%20IV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/6/141310003016_BAB%20V.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/7/141310003016_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3100/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim. (2) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim ditinjau dari Perspektif Pembelajaran Pendidikan Islam. (3) Bagaimana Implementasi Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Etika Guru dalam Pendidikan Modern. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskritif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode interprestasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir KH. Hasyim Asy’ari yang tertuang pada kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim tentang etika guru terhadap murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Uraiannya terfokus pada sikap – sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun (1) Etika guru pada kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim antara lain : a. Etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sakinah, wara’, tawadhu’, khusyu’, senantiasa berpedoman pada hukum Allah SWT. b. Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pelajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al – Qur’an, mengatur volume suara. c. Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ikhlas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran. (2) Etika Guru terhadap Murid dalam Kitab Adabul Alim Wa Al – Muta’allim ditinjau dari Pembelajaran Pendidikan Islam yaitu Seorang guru agama Islam bertanggung jawab atas religiusitas anak didiknya meski tidak secara penuh -masih ada orang tua dan diri anak sendiri- oleh karena itu penting bagi seorang guru agama Islam untuk menciptakan suasana yang religius bersifat vertikal yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan ritual serta menegakkan komitmen dan loyalitas terhadap moral force di sekolah dan lain-lain yang merupakan bentuk dari habl min Allah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, tenaga pengajar, peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU JEPARA.
id IOS3407.3100
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2023-03-04T19:58:06Z
last_indexed 2023-03-04T19:58:06Z
recordtype dc
_version_ 1764485502586585088
score 17.538404