KAJIAN EMPIRIS ATAS PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMPENGARUHI STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus Pada STIENU Jepara)
Main Author: | RIAH, FIT |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/310/1/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/6/BAB%20V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/310/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai ketrampilan teknis tetapi juga memiliki daya dan kemampuan pikir serta sikap mental dan kepribadian tertentu sehingga mempunyai wawasan luas dalam menghadapi masalah-masalah dalam dunia nyata. Mahasiswa terkadang merasa bosan dan tertekan atau stres dengan kuliahnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya kecerdasan emosional dan perilaku belajar mahasiswa yang menentukan sikap dan pandangan belajar. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis ada tidaknya perilaku belajar dan pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa akuntansi terhadap stres kuliah. Populasi penelitian adalah mahasiswa akuntansi S1 Reguler dan Ekstensi yang belajar di STIENU Jepara. Besarnya sampel diambil sebanyak 70 mahasiswa. Alat analisis menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil analisis regresi berganda didapat persamaan :Y = 27,775 - 0,281X1 - 0,109X2 + e, hal ini berarti perilaku belajar mahasiswa dan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh negatif terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi. Jadi semakin perilaku belajar mahasiswa meningkat baik dan kecerdasan emosional juga meningkat akan menurunkan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi di STIENU Jepara. Untuk mengetahui benar tidaknya pengaruh perilaku belajar mahasiswa dan kecerdasan emosional terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi, dilakukan uji hipotesis. Uji F didapat F hitung (14,119) > F tabel (3,13) dan nilai signifikansinya 0,000 < α (0,05), berarti perilaku belajar dan kecerdasan emosional mahasiswa mempunyai pengaruh signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi. Hasil uji t didapat perilaku belajar mahasiswa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan t hitung(-3,420) < ttabel (-2,000) dan sig. (0,001) < α(0,05). Dan Kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kuliah mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan t hitung(-2,748) < ttabel (-2,000) dan sig. (0,008) < α (0,05)