Daftar Isi:
  • Permasalahan menganai kualitas pelayanan terhadap pasien di RSUD. RA Kartini Jepara sebagai indikasi buruknya perilaku kewargaan organiasi karyawan medis. Dikutip dari www.lapor.go.id , Tribunnews.com, www.wawasanews.com terdapat laporan masyarakat mengenai buruknya pelayanan dari RSUD RA. Kartini Jepara. Berbagai wujud penyimpangan karyawan dalam organisasi merupakan sebuah wujud rasa tidak puas akan pekerjaan, seperti keinginan untuk keluar, kesetiaan yang buruk dan perilaku mengabaikan beberapa hal yang ada di organisasi sebagai dampak pekerjaan yang tidak puas. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kembali pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap perilaku kewargaan organisasi pada perawat RSUD RA. Kartini Jepara baik secara parsial maupun simultan. Dengan menggunakan 160 perawat sebaga populasi dan 114 perawat sebagai sempel dengan penentuan sempel menggunakan rumus slovin dan metode quota sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah nilai thitung 6.149 > dari ttabel 1,658, maka artinya kepuasan kerja mempunyai pengaruh terhadap perilaku kewargaan organisasi dan nilai thitung sebesar 5.240 > dari ttabel 1,658, artinya Komitmen Organisasi mempunyai pengaruh terhadap perilaku kewargaan organisasi. Sedangkan Nilai Fhitung 56.794 > Ftabel 2.351 artinya terdapat pengaruh antar kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara bersama-sama atau simultan terhadap perilaku kewargaan organisasi.