STRATEGI PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Main Author: Dr. Sisno Riyoko, S.E., M.M, 0612056802
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Elmarkazi , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3078/1/STRATEGI%20PEMASARAN%20BERBASIS%20TEKNOLOGI%20FIX.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/3078/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ingin menghasilkan model pengembangan strategi pemasaran berbasis Teknologi Informasi (TI) yaitu suatu bentuk model pengembangan strategi pemasaran dengan memperhatikan dan memanfaatkan Teknologi Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih meninngkatkan efisiensi daya saing UMKM melalui pemanfaatan Teknologi Informasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dibina dengan basis TI ini diharapkan daya saing akan lebih meningkat. Tujuan penelitian : 1) teridiskripsikannya kondisi UMKM yang telah memanfaatkan teknologi informasi. 2) tersusunnya suatu model pengembangan strategi pemasaran berbasis TI yang dapat diaplikasikan secara praktis. 3) teraplikasikannya model secara empiric, serta 4) terujinya aplikasi model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan metode pendekatan action research, yaitu kegiatan penelitian yang dilanjutkan dengan implementasi. Tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah : 1) melakukan identifikasi UMKM dengan metode survey, desk analisis dan Fokus Group Diskusi, 2) menyusun model pengembangan strategi pemasaran berbasisi TI dengan metode deskriptif, 3) merumuskan dan mengaplikasikan model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI sekaligus acuan/panduan implementasinya dan 4) menguji implementasi model pengambangan strategi pemasaran berbasis TI dan melakukan revisi model akhir. Hasil penelitian tahun pertama menunjukan bahwa sebagian besar UMKM di Jepara belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal. Dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan masih menggukan model lama yaitu pameran, promosi dan masih mengandalkan pesanan. Oleh karena itu model strategi pemasaran berbasis teknologi informasi menjadi solusi untuk permasalahan pemasaran UMKM dan peningkatan daya saing.