PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap struktur modal perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel kinerja keuangan diukur dengan Struktur Modal (DER), variabel rasio profitabilitas diproxykan dengan Return On Eqity (ROE), variabel Ukuran Perusahaan dihitung dengan (Firm Size), dan variabel Pertumbuhan Penjualan dihitung dengan (Growth of Sales). Periodeyang digunakan dalam penelitan ini adalah 5 (lima) tahun, mulai dari tahun 2012 sampai 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sector aneka industri yang sudah go public dan terdaftar pada Bursa Efek indonesia (BEI) sampai tahun 2016 yang berjumlah 39 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang diguakan adalah proposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 30 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program pengolah data SPSS 20. Hasil penelitan menunjukan bahwa variabelProfitabilitas berpengaruh negative dan signifikan terhadap Struktur Modal serta Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini yaitu0,342 . hal ini berarti kemampuan variable independent dalam menjelaskan variable dependen sebesar0,342 atau 34,2% sedangkan sisanya 0,658 atau 65,8% dijelaskan oleh variable independent lainnya yang tidak disebutkan dalam penelitian.