Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendiskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 2). Untuk mendiskripsikan hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 3). Untuk mendiskripsikan seberapa besar pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah-pisah dan kemudian dihubungkan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 32 responden dan merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan Y. Data penelitian yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bahwa tingkat kepercayaan diri siswa di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata–rata (mean) sebesar 63,34 yang masuk dalam lebar interval 59 – 64 dengan kualifikasi cukup. Adapun persentase nilai kategori kepercayaan diri siswa di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, adalah 6,2% kategori persentase nilai kategori evaluasi pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, adalah 6,2% sangat baik, 21,9% baik, 43,8% cukup, 28,1% untuk kategori rendah. 3). Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 16,96150012, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,17 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,56. Dengan demikian Freg = 16,96150012 > Ftabel, sehingga hasilnya signifikan. Koefisien determinasinya adalah r2xy = 0,36117884 = 36,1%. Ini berarti bahwa sebesar 36,1% variasi evaluasi pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak (Y) dapat dijelaskan oleh kepercayaan diri siswa (X). Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis terdapat Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, diterima.