Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Problematika Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Akhlak Di MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Peneliti ini bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XII MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin. Dari hasil penelitian tentang problematika implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada MA Satu Atap Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin menunjukkan : 1. Dalam implementasi KTSP a. Kurikulum Menyiapkan kurikulum KTSP, data kegiatan satu tahun, jadwal pembelajaran, dan pembagian tugas guru dalam mengajar serta melakukan evaluasi. b. Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak berpedoman pada delapan perangkat pembelajaran. c. Siswa Kurangnya minat belajar siswa, metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa, penerapan materi dan lingkungan yang memiliki pengaruh buruk terhadap siswa 2. Problematika implementasi mata pelejaran Aqidah Akhlak di Kelas XII guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Tetapi belum variatif. Guru mata pelejaran Aqidah Akhlak telah sesuai sesuai dengan kualifikasi/S1 3. Faktor pendukung dan penghambat terhadap keberhasilan pembelajaran KTSP terdiri : a. Terbatasnya fasilitas pendukung dan sumber belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. b. Metode pembelajaran yang Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak belum mampu mengajak siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. c. .Jumlah siswa yang melebihi kapasitas.