PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI ( Bursa Efek Indonesia) 2015-2017)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan hubungan kausalitas dengan fokus penelitian adalah Laporan Tahunan/ Laporan Keberlanjutan perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015- 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2015-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunkan metode purposive samplingartinya informasi diperoleh dengan pertimbangan kriteria tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda dan dibantu program IBMSPSS Statistik versi 21. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI sedangkan variabel profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR). Secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan tangung jawab sosial (CSR) perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.