PENGARUH KUALITAS, HARGA, DESAIN, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOSERBA KAUMORO NGABUL TAHUNAN JEPARA

Main Author: NU’MAN, AMIRUN
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/295/1/AMIRUN%20NU%27MAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/295/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Sebuah minimarket atau swalayan harus mempertahankan para pelanggan atau konsumen, bahkan dituntut supaya bisa menambah jumlah pelanggan. Untuk itu para pemilik minimarket atau pasar swalayan harus pintar-pintar memahami perilaku konsumennya serta harus tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang perlu diperhatikan, adalah kualitas harga, desain, dan pelayanan. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk menganalisis faktor-faktor yang menpengaruhi perilaku konsumen di Toserba Kaumoro Ngabul Tahunan Jepara, seperti kualitas, harga, desain, dan pelayanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh semua variabel (kualitas, harga, desain dan pelayanan) terhadap keputusan pembelian produk pada Toserba Kaumoro Ngabul Tahunan Jepara. Populasi penelitian adalah semua pembeli produk pada Toserba Kaumoro Ngabul Tahunan Jepara. Sampel diambil sebanyak 96 orang yang diambil menggunakan cara accidental sampling. Alat analisis : Analisis Regresi Linier Berganda dan Pengujian Hipotesis. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -0,140 + 0,235X 1 + 0,223X2 + 0,225X3 + 0,331X4 , berarti semua variabel independen (kualitas, harga, desain dan pelayanan) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk Toserba Kaumoro Ngabul Tahunan Jepara. Uji t untuk kualitas (X 1 ) didapat t hitung (2,008) > ttabel (1,658), berarti variabel kualitas mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Uji t untuk harga (X 2 ) didapat t hitung (1,960) > ttabel (1,658), berarti harga mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk. Uji t desain (X 3 ) didapat t hitung (2,933) > ttabel (1,658), berarti desain mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Uji t untuk pelayanan (X4 ) didapat t hitung (3,136) > ttabel (1,658), berarti pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Uji F didapat Fhitung (19,874) > Ftabel (2,45), berarti semua variabel (kualitas, desain dan pelayanan) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada Toserba Kaumoro Ngabul, Sedangkan variabel harga mempunyai pengaruh yang negatif terhadap konsumen pada Toserba Kaumoro Ngabul Jepara.