Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun 2017/2018 (2) Untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun 2017/2018 Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII A (kelompok eksperimen) dan VIII B (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 siswa menggunakan metode pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD), sedangkan pada kelompok control dengan jumlah 34 siswa tanpa menggunakan metode pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Dsain quasi yang dipilih yaitu nonequivalent control group design. Uji validitas butir soal menggunakan software ITEMAN. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analis data menggunakan rumus statistic parametris Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD) dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode pembelajran model Student Team Achievement Division (STAD). Hal ini ditunjukkan dengan hasil ui t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,026 > 1,999), serta nilai signifikansi (P) adalah 0,000 < ⍺ (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima; dan (2) metode pembelajaran cooperative model Student Team Achievement Division (STAD) efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Mafatihul Huda Rau. Hal ini ditunjukkan dengan indeks normalized gain sebesar 0,36 dengan kriteria sedang.