Daftar Isi:
  • Promosi penjualan merupakan salah satu unsur kegiatan pemasaran dalam menjawab permasalahan yang timbul dalam hal penjualan, persaingan dan memanfaatkan peluang dunia usaha yang sewaktu-waktu muncul dapat dimanfaatkan. Atas dasar uraian di atas penulis mengambil judul skripsi “AKTIVITAS PROMOSI OLEH DEALER HARPINDO JAYA JEPARA”. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Datayang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan keadaan atau suatu fenomena dimana hasil yang diperoleh berupa data-data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Promosi Oleh Dealer Harpindo Jaya Jepara antara lain: Periklanan; Perusahaan telah melakukan kegiatan periklanan sesuai dengan medianya sangat baik dan menyeluruh, sehingga efektifitas dari periklanan tersebut menjadi lebih berkembang dan mudah dikenali oleh konsumen. Personal Selling Aktivitas Personal Selling yang dilakukan oleh Dealer Harpindo Jaya Jepara sudah cukup baik, hal ini ditunjukan dengan Pengelolaan, Sistem seleksi, pemberdayaan yang dilakukan perusahaan, serta kegiatan promosi. Publisitas;perusahaan telah melaksanakan kegiatan publisitas cukup baik ditunjukan dengan kerjasama perusahaan dengan publik lebih terjalin. Promosi Penjualan Dealer Harpindo Jaya Motor Jepara sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan menginformasikan, membujuk, mempengaruhi serta mengingatkan konsumen akan citra produk yang ditawarkan. Kendala yang dihadapi antara lain: Keterbatasan SDM yang kurang memahami konsep Promosi, Minimnya Pengetahuan Produk, Munculnya Pesaing Baru, Tingginya Biaya Promosi, Selera Konsumensering berubah, Kondisi Politik tidak menentu. Upaya untuk mengatasi hambatan dalam promosi antara lain: Melakukan Perekutan Marketing yang mengerti konsep Promosi. Lebih selektif dalammemilih marketing, Menciptakan strategi baru, Mempertimbangkan dan melakukan langkah-langkah yang berkenaan dengan biaya promosi, harus jeli dan peka terhadap perkembangan pasar. Harus tahu akan selera konsumen. Saran yang diberikan adalah: Untuk memperkenalkan kualitas Produk, perusahaan harus melakukan evaluasai dan mencari tahu tingkat kualitas konsumen dengan cara menyediakan saluran pengaduan konsumen, membentuk Tim Khusus yang bertugas untuk berkomunikasi dengan instansi Pemerintah dan swasta. Tidak membeda-bedakan dalam Pelayanan kepada konsumen dari segi latar belakang pekerjaan.