ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN. (STUDI KASUS :KEDAI MB JUICE TAHUNAN JEPARA)
Main Author: | BUNYANI, AFIFAH |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/287/1/cover.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/287/2/ABSTRAKSI.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/287/3/SKRISPII%20finish.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/287/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Berkembangnya usaha Kedai Juice saat ini dengan persaingan yang ketat, Kedai Juice perlu merancang strategi pemasaran yang tepat dalam mencapai suatu kepuasan pelanggan, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas produk yang merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh setiap kegiatan produksi, karena kualitas adalah cermin keberhasilan suatu produk dimata konsumen. Penetapan harga, jika Kedai MB Juice dapat memberikan harga yang tepat bagi para konsumen atau pelanggannya sesuai dengan pelayanan dan kinerja yang diberikan oleh Kedai MB Juice maka pelanggan akan merasa puas dan melakukan pembelian ulang begitupula sebaliknya. Selain kualitas produk dan penetapan harga, kualitas layanan perlu diperhatikan, karena jika Kedai MB Juice dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan berkualitas maka konsumen akan merasa mendapat suatu kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas layanan secara individu dan bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada Kedai MB Juice Tahunan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Kedai MB Juice Tahunan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu sebanyak 96 responden, metode pengumpulan data yang diambil da;am penelitian ini adalah dengan cara menggunakan kuisione. Untuk metode analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi regresi berganda, adjusted R square, dan pengujian hipotesis uji f dan uji t. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini adalah Y= 0,170 X1+ 0,384 X2+ 0,187 X3 yang artinya kualitas produk, harga dan kualitas layanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada Kedai MB Juice Tahunan. Dari hasil analisis adjusted R square (r 2 ) diketahui kualitas produk, harga, dan kualitas layanan mempengaruhi perubahan kepuasan pelanggan sebesar 33,8%. Hasil Uji F nilai Fhitung ( 17,158) > F tabel ( 2,70), maka Ho ditolak Ha diterima artinya bahwa variabel independent secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji t untuk kualitas produk didapat thitung 1,860 > ttabel 1,662, maka Ho ditolak Ha diterima, berarti bahwa variabel kualitas produk secara individual tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji t untuk harga didapat thitung 3.490 > t tabel 1,662, maka Ho ditolak Ha diterima, berarti bahwa variabel harga secara individual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan. Uji t pada kualitas layanan t hitung 1.825 > t tabel 1,662, maka Ho ditolak Ha diterima,berarti bahwa kualitas layananan secara individual tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.