Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Underwriter Dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Underpricing Pada Perusahaan yang terdafatr Di BEI Periode penelitian yang digunakan adalah 5 tahun mulai tahun 2012 sampai tahun 2016. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu tingkat Underpricing (Y), sedangkan variabel independen dalam penelitian ini yaitu Ukuran Perusahaan (X1), Umur Perusahaan (X2), Reputasi Underwriter (X3) Dan Profitabilitas (X4). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang go pubic yang mengalami IPO dan sudah terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) yang mengalami IPO sampai tahun 2016 yang berjumlah 109. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 72 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda menggunakan program pengolah data SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadapa tingkat Underpricing , Umur Perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat Underpricing, Reputasi Underwriter tidak berpengaruh terhadap tingkat Underpricing Dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat Underpricing. Kemampuan variabel inependen dalam menjelasakan variabel dependen sebesar 69%, sedangkan sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh variabel lain yang diluar model penelitian.