EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI GERAKAN SHOLAT UNTUK SISWA KELAS II SDN 1 SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di Kelas II SDN 1 Surodadi ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru kurang mengoptimalkan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat siswa untuk memperhatikan ketika proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Hal tersebut berdampak pada kurangya pemahan siswa tentang materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi tahun pelajaran 2017/2018. Rancangan Penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test-post-test design. Penelitian ini dilakakukan dua kali pertemuan, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif diterapkan pada materi gerakan sholat untuk siswa kelas II SDN 1 Surodadi. Pertemuan pertama pre-test nilai rata-rata 79, post-test nilai rata-rata 81. Pertemuan Kedua pre-test nilai rata-rata 80, post-test nilai rata-rata 82. Jadi dapat disimpulkan penerapan model picture and picture ini efektif jika diterapkan pada materi gerakan Shalat dilihat dari hasil rata-rata menunjukkan ada peningkatan nilai sebelum dan sesudah diterapkkanya model tersebut.