MODEL PEMBELAJARAN YANBU’A BERBASIS AL QUR’AN DI TPQ MANBA’UL ULUM KEDUNGOMBO BUARAN MAYONG JEPARA
Daftar Isi:
- Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara, serta bagaimana faktor yang mempengaruhi model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan kualitatif Naturalistik. Teknik analisis data dengan cara wawancara, catatan lapangan, dan data-data serta dokumen-dokumen dengan hasil penelitian tentang model pembelajaran Yanbu’a berbasis al Qur’an di TPQ Manba’ul ulum Kedungombo Buaran mayong Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Model pembelajaran yang diterapkan di TPQ Manba’ul Ulum adalah model pengajaran secara langsung. Pembelajaran disana meliputi dua fase yaitu; fase pengajaran membaca permulaan dan fase remedial membaca. Pengajaran membaca permulaan dalam praktiknya menggunakan metode pembiasaan atau pengulangan dan resitasi. Sedangkan pada tahap remedial membaca menggunakan pendekatan multi sensorik dan kesan neurologis. (2) Faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran disana adalah faktor internal yang meliputi kemampuan guru itu sendiri dan faktor eksternal yang meliputi materi ajar yang sesuai, karakteristik peserta didik dan fasilitas yang cukup memadai.