Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tentang pentinggnya pemasaran produk khususnya bagi perusahaan yang baru atau sedang berkembang. Melihat fenomena tersebut rasanya akan terpecahkan ketika melihat mahasiswa-mahasiswa STIENU Jepara yang memiliki usaha baru dan berkembang pesat karena sudah memanfaatkan E-Commerce sebagai model pemasaran mereka. Dari hal tersebut menarik sekali jika dilakukan penelitian dengan permasalahan yang ada yaitu bagaimana upaya mengembangkan usaha baru khususnya dikalangan mahasiswa dan pada umumnya pada pemuda Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengetahui kunci-kunci keberhasilan untuk mengembangkan usaha dengan pengoptimalan pemasaran menggunakan E-Commerce. Perolehan data yang diambil melibatkan mahasiswa-mahasiswa STIENU Jepara yang sudah sukses menjadi wirausaha baru dan pakar teknologi informasi Jepara yang sudah berkompeten dan berpengalaman dibidangnya. Dengan cara wawancara, observasi dan diskusi perolehan data dapat dikumpulkan dengan baik. Dari data yang sudah masuk diolah dengan memadukan teori dan fenomena yang terjadi secara nyata dan ditinjau kembali oleh pakar yang berpengalaman. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mengembangkan usaha terkhusus untuk wirausaha baru diperlukan penerapan E-Commerce sebagai model pemasaran produk yang efektif. Dan dalam penelitian ini ditemukan faktor-faktor kunci kesuksesan dalam penerapan E-Commerce yang diantaranya adalah kualitas sistem, kualitas informasi, intensitas penggunaan dan komunitas. Dari beberapa faktor tersebut sudah diterapkan oleh para pengusaha baru yang masih berstatus sebagai mahasiswa STIENU Jepara dan disetujui oleh pakar Teknologi Informasi Jepara. Dengan penelitian yang sudah didapatkan ini diharapkan dapat mampu membantu para para pengusaha baru atau yang baru merintis untuk diaplikasikan dibidang usahanya masing-masing dan mampu ikut meningkatkan perekonomian Jepara