PENGARUH ORIENTASI PASAR, KELENGKAPAN PRODUK DAN EFEKTIFITAS SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Sentra Industri Patung Di Mulyoharjo Jepara)
Daftar Isi:
- Kinerja pemasaran pengrajin patung Mulyoharjo Jepara dirasa belum maksimal karena terbatasnya media yang digunakan dalam penyebaran hanya sebatas melalui sosial media melalui facebook, instagram dan sosial media lainnya. Selain itu masih ada media promosi yang lebih unggul dan bisa dikatakan rumah kedua setelah di desa Mulyoharjo yaitu website. Namun untuk membuka sebuah website didunia maya tidaklah mudah dan murah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, kelengkapan produk dan efektivitas saluran distribusi terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri patung di Mulyoharjo Jepara. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angka- angka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat tiga variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik regresi ganda. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar, kelengkapan produk dan efektivitas saluran distribusi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri patung di Mulyoharjo Jepara.