FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI MAHASISWA DALAM AKUNTANSI KEUANGAN DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISNU JEPARA

Main Author: NIANTO, SO
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/278/1/Bagian%20Awal.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/278/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/278/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya variasi nilai dalam akuntansi keuangan oleh mahasiwa jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis UNISNU Jepara, padahal setiap mahasiswa mendapatkan porsi yang sama dalam jam perkuliahan. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa terjadi hal yang demikian. Tidak semua mahasiswa mendapatkan prestasi baik dalam usaha belajarnya. Sudah seharusnya mahasiswa memahami dan mampu untuk mengaplikasikan ilmu yang menjadi bidang keahliannya. Karena kelak hal tersebut yang akan menjadi pegangan mereka ketika mengabdi dimasyarakat. Begitu juga dengan mahasiswa akuntansi, mereka diharuskan untuk mampu membuat, mengerti dan memahami laporan keuangan. Dalam penelitian ini kuesioner digunakan untuk mendapatkan data dari responden. Responden adalah mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis UNISNU Jepara angkatan 2009 dan 2010 yang telah lulus pada matakuliah pengantar akuntansi, AKM I dan II serta AKL I dan II. Besarnya sampel ditentukan dengan metode slovin, hal ini dilakukan karena jumlah besarnya sampel sudah dapat diketahui sejak awal. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang sudah didapat dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dua dari tiga variable bebas menunjukkan signifikan terhadap alpha 0,05. Diantaranya adalah variabel usaha dan motivasi sebesar 0,030 < 0,05 dan variable kualitas pengajaran yang mempunyai nilai 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel lingkungan belajar tidak signifikan terhadap alpha 0,05 yaitu dengan nilai 0,182. Hal ini berarti variabel usaha dan motivasi serta kualitas pengajaran mempengaruhi prestasi dalam akuntansi keuangan secara individu. Pada tabel anova terlihat bahwa nilai sig. adalah 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel berpengaruh terhadap prestasi dalam akuntansi keuangan. Sedangkan dalam tabel sumary dapat diketahui bahwa sebesar 0,093 pada adjusted r square atau 93% variasi prestasi mahasiswa dalam akuntansi keuangan dapat dijelaskan oleh tiga variable yang digunakan dalam penelitian yaitu usaha dan motivasi, lingkungan belajar dan kualitas pengajaran sedangkan sisanya 7% di jelaskan oleh variabel lain diluar dari ketiga variable tersebut. Dari hasil uji t untuk variable jenis kelamin dan jurusan SMA, semuanya menolak hipotesis awal (H0). Yang berarti tidak ada perbedaan prestasi dalam akuntansi keuangan antara jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, baik jurusan eksak (IPA) maupun non-eksak (IPS dan Lainnya).