Daftar Isi:
  • Untuk itu tujuan penelitian ini guna menganalisis variabel yang berpengaruh pada orientasi pasar, inovasi dan modal usaha terhadap kinerja pemasaran UMKM Tenun Ikat di Kabupaten Jepara. Pada penelitian ini obyeknya adalah para pengusaha ataupun pengrajin tenun ikat Troso yang berjumlah 88 orang sebagai responden. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian ini bahwa pada variabel orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel inovasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dan variabel modal usaha mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan modal usaha secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Tenun Ikat di Kabupaten Jepara.