ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KONSUMEN, INOVASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UKM TENUN TROSO JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Orientasi Konsumen, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Tenun Troso Jepara. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja pemasaran (Y), sedangkan variabel independen meliputi orientasi konsumen (X1), inovasi produk (X2), dan kualitas produk (X3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha tenun Troso di Jeparayang jumlahnya 740 unit busaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan metodeprobability sampling yaitu dengan simple random sampling yang merupakan pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 259 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan program pengolah data SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi konsumen, inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadapkinerja pemasaran pada UKM tenun Troso Jepara.Sedangkan secara simultan orientasi konsumen, inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UKM tenun Troso Jepara.Nilai Koefisien determinasi adalah sebesar 0,612.Hal tersebut menunjukan bahwa 60.7% faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung dapat dijelaskan oleh orientasi konsumen, inovasi produk dan kualitas produk. Sedangkan pada sisanya yaitu sebesar 39.3% dijelaskan oleh variabel lain.