PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA PUSKESMAS PAKIS AJI JEPARA
Main Author: | SANTO, SU |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/274/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/274/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/274/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/274/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/274/5/BAB%20IV%26V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/274/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Puskesmas Pakis Aji Jepara merupakan salah satu pilihan masayarakat di Jepara yang memerlukan jasa kesehatan. Oleh karena itu diharapkan Puskesmas Pakis Aji dapat bersaing dengan pelayanan kesehatan lainya dan juga diharapkan dapat diterima oleh masyarakat Pakis Aji. Pada penelitian ini akan diamati pola perilaku pasien terutama pasien rawat inap pada Puskesmas Pakis Aji Jepara, untuk memperoleh suatu perumusan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing maupun kinerja manajemen pengelola Puskesmas Pakis Aji Jepara. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati secara individu maupun bersama-sama terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Pakis Aji Jepara. Obyek penelitian yang dipilih adalah pasien yang sedang kontrol setelah mendapatkan perawatan rawat inap di Puskesmas Pakis Aji Jepara sebagai sample / responden yang diambil dengan metode accidental sampling sebanyak 100 orang. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, variabel bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Puskesmas Pakis Aji Jepara baik secara individual maupun secara simultan. Variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah Empati untuk itu disarankan agar petugas lebih banyak memberi perhatian kepada pasien, penampilan dan sikap yang rapi, mengerti apa yang diingankan pasien dengan cara banyak berkomunikasi, memahami apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap hidup sehat, berlaku adil terhadap semua pasien rawat inap dan tidak membeda-bedakan antara pasien yang satu dengan pasien yang lain dalam hal pelayanan, selalu mengutamakan sapa, salam, sopan, senyum, dan menyenangkan.