IMPLEMENTASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DARUL FALAH AMTSILATI TAHUN AJARAN 2018/2019 (Studi Deskriptif)
Daftar Isi:
- Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Untuk mengidentifikasi perencanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati, b. Untuk mengidentifikasi pelaksanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati, dan 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah pondok pesantren Darul Falah Amtsilati. Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). perencanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati berjalan secara tertulis, manajemen kurikulum tersebut dirumuskan oleh tim penyusun kurikulum untuk menentukan arah kebijakan pendidikan. Manajemen kurikulum tersebut dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai tahap evaluasi. Data yang telah diperoleh berdasarkan hasil observasi diperoleh profil pondok pesantren, daftar kegiatan pembelajaran, kitab rujukan yang digunakan untuk pembelajaran PAI, 2. pelaksanaan Implementasi kurikulum di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati ditingkat pesantren, pimpinan pesantren bertanggung jawab atas pelaksanaannya, sedangkan ditingkat kelas yang bertanggung jawab adalah ustadz / ustadzah. Kegiatan intrakulikuler yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program. Adapun kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang diarahkan untuk memperluas pengetahuan serta mengembangkan nilai-nilai atau sikap santri, 3. faktor pendukung : a. Terdapat tim penyusun yang bertugas sebagai perumus konsep dasar dan garis-garis kebijakan pendidikan dan tujuan kurikulum. Dalam tim ini dapat terlibat pihak pondok pesantren dan tokoh masyarakat, b. Kurikulum satuan pendidikan pondok pesantren berpaduan dengan kurikulum pemerintah ( dalam hal ini Kementrian Agama), c. Pondok pesantren “Darul Falah” Amtsilati Bangsri Jepara telah mempunyai fasilitas/sarana yang memadai yang mendukung berjalannya proses pendidikan dan pengajaran. Faktor penghambat : a. Tenaga kependidikan belum semuanya memahami secara mendalam kurikulum yang telah dibuat oleh tim penyusun, b. Tidak semua santri berprestasi sesuai dengan tujuan kurikulum pondok pesantren, sehingga masih diperlukan kerja keras dari berbagai pihak terutama pihak kependidikan.