Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis Online Shop di Indonesia, salah satunya yang berkembang adalah situs e-commerce. Perdagangan Elektronik atau e-commerce merupakan proses dimana pembeli dan penjual melakukan pertukaran informasi, uang dan barang melalui sarana elektronik. Perkembangan bisnis online shop seperti ini telah menjadi tren di masa sekarang dan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan dan Kemudahan bertransaksi terhadap minat beli online, dengan mengambil sampel responden melalui konsumen yang berbelanja online sebanyak 96 konsumen. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik Probability Sampling dengan metode cluster random sampling. Variabel Independen penelitian ini adalah Kepercayaan (X1), Kenyamanan (X2) dan Kemudahan bertransaksi (X3) serta Minat beli online sebagai Variabel Dependen (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepercayaan berpengaruh positif sebesar 0,346. Variabel Kenyamanan berpengaruh positif sebesar 0,319 dan variabel Kemudahan bertransaksi berpengaruh positif sebesar 0,277. Sedangkan secara simultan Variabel Kepercayaan, Kenyamanan dan Kemudahan bertransaksi berpengaruh signifikan terhadap minat beli online, dengan hasil uji Fhitung lebih besar dari F tabel yakni sebesar 17,772 > 2,70 dan untuk nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai koefisien Determinasi dalam penelitian ini sebesar 45,7%, sedangkan pada sisanya sebesar 54,3% yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.