MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN DENGAN ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN (Studi Pada Sentra Industri Kue Dan Roti Desa Bugo Welahan Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel independen orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan terhadap variabel dependen kinerja pemasaran di sentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian ini sentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jeparayang berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling menggunakan rumus perhitungan slovin. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 96pemilik usaha sentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasarandengan nilai thitung sebesar 3,897 sedangkan ttabel adalah 1.9858 nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05. Variabel orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasarandengan nilai thitung sebesar sebesar 4,313 sedangkan ttabel adalah 1.9858 dengan nilai signifikansinya 0,000< 0,05. Variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasarandengan nilai thitung sebesar 2,222 sedangkanttabel adalah 1.9858 dengan angka signifikansinya sebesar 0,029< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaransentra industri kue dan roti Desa Bugo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.Sedangkan secara simultan disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi pembelajaran dan orientasi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel dependen kinerja pemasaran.