PENGARUH PROMOSI, DISTRIBUSI DAN KUALITAS DESAIN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI SENTRA INDUSTRI TENUN TROSO JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel independen promosi, distribusi dan kuwalitas desain terhadap variabel dependen volume penjualan di sentra industri kain tenun Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian ini sentra industri kain tenun Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jeparayang berjumlah 211 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling menggunakan rumus perhitungan slovin. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 211 pemilik usaha sentra industri kain tenun Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualandengan nilai thitung sebesar 2,356 sedangkan ttabel adalah 1.9179 nilai signifikan sebesar 0,019< 0,05. Variabel distribusiberpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualandengan nilai thitung sebesar sebesar 3,522 sedangkan ttabel adalah 1.9719 dengan nilai signifikansinya 0,001< 0,05. Variabel kuwalitas desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualandengan nilai thitung sebesar 4,338 sedangkan ttabel adalah 1.9719 dengan angka signifikansinya sebesar 0,000< 0,05. Dapat disimpulkan bahwa secara parsial promosi, distribusi dan kuwalitas desainberpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualansentra industri kain tenun Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara.Sedangkan secara simultan disimpulkan bahwa variabel promosi, distribusi dan kuwalitas desainsecara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel dependen volume penjualan.