Daftar Isi:
  • Relationship marketing adalah keinginan yang kuat dari pelanggan untuk mengembangkan relationship jangka panjang dengan perusahaan dan ini adalah perilaku aktual pelanggan. Ini dibentuk melalui penilaian mahasiswa terhadap aktivitas yang dijalankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu jepara, Untuk memiliki mahasiswa yang ingin menjalin hubungan jangka panjang (relationship marketing) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara hanya dapat dicapai melalui pengelolaan hubungan yang baik dengan mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara perlu memahami pelanggan dan keinginannya, memiliki pengetahuan mengenai para pesaing (universitas lain) dan memiliki kemampuan relatif dibanding para pesaing agar dapat menciptakan relationship intention. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara, dengan populasi sebesar 1.282 mahasiswa dan diperoleh sampel sebanyak 93 mahasiswa. Pengumpulan data dngan daftar pertanyaan yang diadopsi dari peneliti terdahulu. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan regresi linier berganda serta mengunakan uji anova (uji F) serta uji statistik t. Dari hasil uji secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa variable independen (belonging, komunikasi, customization, deferensiasi, personalisasi, balas jasa, dan security and convenience) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen customer retention (Y) hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (2,687>2,12). Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variable independen berpengaruh terhadap variable dependen. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel. Variabel Customization dan Rewarding memiliki pengaruh dominan terhadap customer retention.