Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan proses pembentukan kepribadian manusia. Pendidikan pada umumnya bertujuan untuk membentuk manusia yang bermoral dan berilmu. Maka mendidik anak dengan baik dan benar berarti mengembangkan kemampuan siswa secara wajar. Potensi jasmani yang harus dipenuhi adalah sandang, pangan dan papan. Sedangkan potensi rohaninya adalah berupa pembinaan intelektual, perasaan, dan budi pekerti. Berbicara mengenai pendidikan Agama Islam bagi anak biasa di analogkan dengan kecakapan mereka menguasai ajaran agamanya dalam bidang praktek pelaksanaan ibadah. Maka mata pelajaran Fiqih di MI adalah mata pelajaran yang paling berperan dibanding mata pelajaran yang lain Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah bimbingan orang tua kepada siswa kelas VI MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara, bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VI MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara, dan adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VI MI Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dan yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa MI Miftahul Huda Desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2018 sampai dengan tanggal 13 Februari 2018. Hasil penelitian ini adalah adanya bimbingan orang tua yang baik pada diri siswa berbanding lurus dengan prestasi belajar siswa yang meningkat. Bimbingan orang tua ternyata berhubungan erat dengan prestasi belajar mapel fiqih siswa-siswi kelas VI MI Miftahul Huda Dongos. Dan ternyata Bimbingan orang tua berpengaruh pada prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VI MI Miftahul Huda Dongos.