Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun ajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini ada dua variabel yang dibahas, yaitu variabel bebas (Variabel X) siswa pesantren dan siswa non pesantren kelas X, variabel terikat (Variabel Y) Hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara digunakan untuk mengetahui pembelajaran fikih di kelas dan kegiatan siswa pesantren dan non pesantren. Sedangkan metode dokumentsi untuk meminta data MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dan Nilai Akhir mata pelajaran fikih kelas X. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t Independent sample t test dengan Uji Homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunkan rumus Uji T Independent Sample t test. berdasarkan dari hasil analisis Uji Homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.078 > 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa varians data hasil belajar fikih pada siswa pesantren dan non pesantren varian yang sama. Untuk uji normalitas nilai Sig. 0.089 > 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi Normal. Sedangkan uji hipotesis diketahui thitung 2,835 > ttabel 1,971. Dengan demikian Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dari siswa pesantren dan non pesantren. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memotivasi pembaca terutama bagi orangtua untuk memilih lingkungan pondok pesantrendengan tujuan selain membuat anak menjadi mandiri juga untuk membekali anak dengan pedoman agama sejak dini.