Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas XI IPA 1 MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist. Dan serta menerapkan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Dan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an Hadist pada bab “Betapa Giatnya Aku Bekerja”, menggunakan penerapan metode Everyone Is A Teacher Here menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai awal 96,25 meningkat menjadi 96,3 atau terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,53%. Ketuntasan belajar dalam kelas rata-rata nilai sebesar 100% (semuanya dapat melampaui KKM). Sedangkan aktivitas siswa positif dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 73,80% naik menjadi 90,22% serta peurunan aktivitas negatif siswa dari 12,5% turun menjadi 7,75%. Hal ini dapat ditunjukkan dari kegiatan observasi siswa, yaitu terekam data aktivitas positif sebanyak 100% yang bersemangat dalam hal mendengarkan penjelasan guru, 96,55% aktif mengajukan pertanyaan dan 96,55% mencatat materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, serta 86,20% siswa membaca materi terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Sedangkan data aktivitas negatif sebanyak 17,24% berdiskusi sendiri dengan teman, dan 6,89% tidak memperhatikan pembelajaran. Harapannya dalam penelitian tersebut adalah dapat menjadikan acuan dalam pengaplikasian metode pembelajaran yang digunakan oleh guru.