Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data tidak berbentuk angka yang ditandai dengan pelaporan data dari subjek yang diteliti. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dan peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara yaitu: siswa memperhatikan, dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga siswa mampu menangkap dan menyampaikan materi yang diajarkan. Penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara. Faktor pendukung diantanya yaitu pertama faktor intern seperti faktor fisiologis atau jasmaniah dan faktor psikologis. Kedua, faktor ekstern seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dan faktor penghambat yaitu perbedaan karakteristik siswa, keterbatasan waktu dan sarana prasarana belajar.