EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifita penerapan metode pembelajaran reciprocal teaching terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan postest only control group Design yang menggunakan nilai rata-rata UAS sebagai acuan tolak ukur mengetahui kemampuan awal peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Donorojo. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan simple random sampling. Instrumen penelitian lembar soal post-test untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan SPSS 24.0 for Windows. Efektivitas metode reciprocal teaching terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan rata-rata nilai UAS kelas XI IPA 1 75 dan rata-rata nilai post-testkelas XI IPA 77,2. Pada kelas XI IPA 2 nilai rata-rata UAS 73 dan rata-rata nilai post test kelas XI IPA 2 74,3. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunkan SPSS 24.0 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,01 (0,00≤0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa metode pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA Negeri 1 Donorojo. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi secara teoritis sebagai bahan pertimbangan dan bahan kajian penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan evaluasi dan pengukuran prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.