Daftar Isi:
  • Leverage penting bagi perusahaan karena menyangkut kebijakan penggunaan sumber dana yang paling menguntungkan dari luar perusahaan (dana eksternal). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis terhadap leverage. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2017. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 78 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan yang terdapat pada www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) struktur aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap leverage, 2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap leverage, 3) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap leverage, dan 4) risiko bisnis berpengaruh negatif signifikan terhadap leverage. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis berpengaruh secara simultan terhadap leverage. Hasil uji Adjusted R2 pada penelitian ini sebesar 0,533. Hal ini menunjukkan bahwa leverage perusahaan industri barang konsumsi yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dipengaruhi olehstruktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko bisnis sebesar 53,3%,sedangkan sisanya sebesar 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.