Daftar Isi:
  • Dalam sebuah instansi pemerintah, pelayanan kepada masyarakat (publik) adalah hal yang paling diutamakan. Penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan publik yang berkualitas memerlukan smart government yang akan mengubah pola-pola tradisional dalam birokrasi sehingga menghasilkan business process yang lebih cepat, efektif, efisien, komunikatif dan selalu melakukan perbaikan. Untuk menyelenggarakan pemerintahan yang smart government Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah berupaya memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, salah satunya dengan membangun portal Lapor Bupati. Dibangunnya portal Lapor Bupati bertujuan untuk menciptakan komunikasi dua arah yang melibatkan partisipasi masyarakat didalamnya. Sehingga penerapan smart government bisa terwujud di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara. Pengaduan masyarakat dilakukan melalui media sms, whatsapp, facebook dan twitter. Dengan media tersebut terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu pengaduan tidak tercatat dengan sempurna, sulitnya mencari data, sulitnya mencatat data pelapor, hilangnya data laporan dan sulitnya melakukan rekap laporan dalam bentuk hardcopy. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang Aplikasi Lapor Bupati berbasis web dengan framework codeigniter dan menggunakan Mysql sebagai manajemen datanya, sehingga dapat memudahkan dalam mengakomodir dan menyeragamkan penanganan pengaduan masyarakat. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode RUP (Rational Unified Process). Sampai pada tahap pengujian, untuk pengujian fungsional sistem menggunakan blackbox testing, untuk pengujian validasi diuji oleh ahli media sedangkan untuk kelayakan aplikasi peneliti menggunakan responden dari masyarakat umum. Dari hasil pengujian di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sangat layak untuk digunakan dan dikembangkan lagi.