Daftar Isi:
  • Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Hafalan siswa Tahfidzul Qur’an MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara. Adapun jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Tahfidzul Qur’an kelas X dan XI yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Tingkat kecerdasan emosional siswa Tahfidzul Qur’an MA NU Nahdlatul fata berada pada rentang 47-55 dengan rata-rata 54,5 yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada dalam kategori tinggi. (2) Intensitas penggunaan gadget berada pada rentang 28-40 dengan rata-rata 38,4 siswa berada dalam kategori jarang. (3) terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan penggunaan gadget terhadap prestasi siswa Tahfidzul Qur’an MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara dengan signifikansi 0,014 > 0,005 dan Fhitung 4,958 > Ftabel 3,32 dan koefisien determinasi sebesar 54,2 % menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan penggunaan gadget memberikan pengaruh yang besar terhadap prestasi hafalan siswa.