NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM FILM KARTUN UPIN & IPIN EPISODE RAMADHAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film kartun Upin & Ipin pada episode ramadhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian, tugas riset pustaka membatasi kegiatannya hanya pada koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yaitu pendekatan yang dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Untuk sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun metode analisis yang peneliti gunakan 3 metode yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa film kartun atau animasi merupakan tayangan yang aman dan memang dikategorikan untuk anak-anak, selain unik beberapa film kartun juga menguat konten pendidikan salah satunya adalah film kartun “Upin & Ipin” yang didalamnya mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam. Dari hasil analisis penulis, terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film kartun “Upin & Ipin” episode ramadhan, yaitu 1) Nilai I’tiqadiyah 2) Khuluqiyyah 3) Amaliyyah.