ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN SYARIAH DI DESA PECANGAAN KULON PECANGAAN KABUPATEN JEPARA
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahastentang faktor yang mempengaruhi nasabah mebuka rekening tabungan Bank Syariah di Pecangaan Kulon dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor nasabah memilih untuk membuka rekening tabungan di Bank Syariah. Pada penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan mengenai cara kerja Bank Syariah. Pada dasarnya cara kerja antara Bank Syariah dan Bank Konvensional sama yang membedakan hanyalah produk-produknya yang ada di Bank Syariah tidak dianjurkan mengandung riba. Adapun keputusan konsumen untuk beralih menggunakan tabungan Bank Syariah sangat berpengaruh oleh beberapa faktor seperti faktor budaya (budaya, sub budaya, kelas sosial), faktor sosial (kelompok, keluarga, peran dan status), faktor pribadi (umur, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup), faktor psikologi (motivasi, persepsi dan proses belajar) dan faktor promosi (iklan dan promosi). Pada penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah (1) faktor apa yang mempengaruhi nasabah beralih ke produk tabungan Bank Syariah (2) seberapa besar pengaruh faktor tersebut dalam mempengaruhi keputusan nasabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Skala Likertdan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket untuk nasabah. Dari data yang sudah dikumpulkan selanjutnya diuji keabsahannya dan dianalisis dengan menggunakan reduksi data (data reduksi), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Adapun hasil penelitian yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa faktor yang paling berpengaruh ialah faktor budaya dengan 89%, dan di bawahnya ada faktor Pribadi dengan 84%, faktor promosi dengan 81%, faktor pribadi 72,8%, faktor sosial 70,6%.