PENERAPAN PEMBELAJARAN KITAB AT-TAKHRIJ PADA MUATAN LOKAL BACA TULIS PEGON (BTP) DI MI NU ROUDHATUL MUBTADIIN KALIAMAN KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Pegon juga menjadi sebuah metode pendidikan yang unik, bukti bahwa Arab pegon merupakan sebuah metode yang dipakai oleh para ulama, yang menerangkan tentang masalah keagamaan. Penempatan kitab At-Takhrij dijadikan solusi dalam upayanya mempertahankan cara klasik yang diterapkan pada muatan lokal BTP (Baca Tulis Pegon). Untuk memaknai kitab kuno, yang masih menjadi pegangan oleh guru di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara. Seperti memberi (menulis, dan membaca) makna gandul pada kitab kuning. Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran kitab At-Takhrij pada muatan lokal Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kitab At-Takhrij pada muatan lokal Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menerapkan pembelajaran kitab At-Takhrij pada mata pelajaran Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitureduksi data, penyajian data, verifikasi. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran kitab At-Takhrij pada muatan lokal Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara melalui beberapa tahapan, yaitu tahapan sebelum pengajaran, tahapan pengajaran dan tahapan sesudah pengajaran. (2) Faktor pendukung dalam menerapkan pembelajaran kitab At-Takhrij pada mata pelajaran Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara yaitu adanya semangat yang tinggi dari anak-anak untuk mengikuti pembelajaran BTP, kesabaran guru dan siswa dalam proses belajar mengajar baca tulis Pegon, dan lokasi dekat dengan masjid. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan pembelajaran kitab At-Takhrij pada mata pelajaran Baca Tulis Pegon (BTP) di MI NU Roudlatul Mubtadiin Kaliaman Kembang Jepara yaitu kurangnya anak-anak yang ngaji dirumah sehingga mengalami kesulitan jika di madrasah, dan juga kurangnya pemerataan siswa dalam memahami pelajaran kitab at-Takhrij.