Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan, pelaksanaan penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013 dari kompetensi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan serta ketrampian; (2) mengetahui faktor-fator yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan penilaian kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan penilaian kurikulum 2013. Adapun hasil penelitan ini menunjukkan (1) penilaian sikap yang dilakukan oleh guru mapel fiqih masih berupa pengamatan prilaku yang menonjol dan belum menggunakan lembar observasi dalam melakukan pengamatan yang dilakukan, (2) penilaian pengengetahuan terlaksana sesuai dengan teknik penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013; (3) pelaksanaan penilaian kompetensi ketrampilan masih belum semuanya dilakukan. Penilaian yang dilakukuan guru mapel fiqih untuk ketrampilan diantaranya unjuk kerja/praktek dan observasi diskusi kelompok sedankan portofolio serta projek belum sepenuhnya dilakukan .adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 rumitnya cara menilai secara teknis dan administraif, masih banyak wktu yang digunakan untuk melakukan hasil penilaian secara jeli, sertapembuatan rubrik pensekoran. Kesimpulannya adalah pelaksanaan penilaian hasil belajar yang dilakukan guru mapel fiqih masih belum maksimal, selain itu, perlu adanya sosialisasi mendetail mengenai administrasi penilaian hasil belajar kurikulum 2013 agar dapat dilakukan secara optimal.