PENGARUH KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NU SE- KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui .”Pengaruh Kualitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah NU Se-Kecamatan Dawe Dawe Kabupaten Kudus . Dengan perumusan masalah, Bagaimanakah pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kepuasan Kerja guru, pengaruh Budaya organisasi terhadap Kepuasa kerja guru serta pengaruh kepemimpinan Kepala sekolah dan Budaya organisasi secara bersama-sama terhadap Kerja guru MI NU Se- Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas kepemimpinan kepala Madrasah terhadap kepuasan kerja guru, pengaruh kualitas budaya organisasi terhadap kepuasan guru, serta pengaruh Kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah MI NU se-Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus sebanyak 15 madrasah. Teknik penelitian diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik ini diambil karena populasinya homogen. Jumlah populasi sebanyak 275 guru dengan sampel penelitian sebanyak 148 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, kepuasan kerja guru. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama MI NU di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dan jumlah guru pada masing-masing sekolah yang dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan kepuasan kerja, ditunjukkan dengan nilai β sebesar 0,345 dan p-value sebesar 0,000<0,05. budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan kepuasan kerja yang ditunjukkan dengan nilai β sebesar 0,576 dan p-value sebesar 0,000<0,05, kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan atau secara simultan dengan kepuasan kerja sebesar 45,10 % dan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan atau secara simultan dengan kepuasan kerja guru sebesar 91,62 %.