Daftar Isi:
  • Penelitian ini menjelaskan tentang peranan guru dan orang tua dalam menanamkan pendidikan Agama Islam di MI I’anatut Thalibin desa Cebolek Margoyoso Pati tahun pelajaran 2018/2019, dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif yang menggambarkan tentang peranan guru dan orang tua serta kendala orang tua dan orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam di MI I’anatut Thalibin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis datanya meliputi persiapan, tabulasi, dan penerapan data. Penelitian ini berkesimpulan bahwa: pertama,peranan guru dalam pendidikan agama Islam meliputi hafalan hadist-hadist pendek, surat-surat pendek, do’a sehari-hari, zakat, puasa, dan mengenalkan sejarah Islam, peranan orang tua dalam pendidikan dirumah meliputi mengajarkan dan membiasakan anak sejak dini untuk beribadah, kedua,faktor pendorong guru dalam pendidikan di Sekolah meliputi motivasi orang tua yang selalu mendukung semua kegiatan yang disusun pengajar, faktor pendorong orang tua dalam menanamkan pendidikan Agama Islam di rumah meliputi dukungan orang tua selalu menjadi suri taulaan bagi anaknya, ketiga, Faktor penghambat guru adalah sebagai berikut: pertama, anak yang tidak fokus mengikuti pembelajaran tentunya akan mengganggu anak lain. Kedua, adalah tingkat kesibukan orang tua yang hanya mengandalkan sekolah saja, Faktor pendorong pertama lingkungan keluarga, dukungan orang tua selalu menjadi suri taulaan bagi anaknya. Kedua, adalah dukungan sekolah, karena sekolah adalah sebagai penghubung pendidikan agama yang sudah didapatkan di rumah