Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis peran KH Ali Irfan Mukhtar terhadap pendidikan Islam di Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada penelitian lapangan (field reseach). Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran KH Ali Irfan Mukhtar terhadap pendidikan Islam di Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara, terdapat tiga poin penting di antaranya sebagai tim perintis, sebagai tim pengurus dan sebagai tim pembina. Peran merupakan aspek dinamis kedudukan (status), apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka ia menjalankan suatu peranan. Pendidikan adalah suatu proses penanaman sesuatu ke dalam diri manusia, pendidikan adalah sesuatu yang secara bertahap ditanamkan ke dalam manusia. “Suatu proses penanaman” mengacu pada metode dan sistem untuk menanamkan apa yang disebut sebagai pendidikan secara bertahap. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan pribadi manusia secara menyeluruh melalui latihan-latihan kejiwaan, akal pikiran, kecerdasan, perasaan serta panca indera yang dimilikinya