Daftar Isi:
  • Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan sangat penting bagi lembaga pendidikan agar mampu menjawab kebutuhan masyarakat sesuai tuntutan zaman. Manajemen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen sumber daya manusia. Pendidik yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah guru yeng mengajar di SMK Al Falah sedangkan tenaga kependidikan dibatasi hanya pada pustakawan dan laboran. Di dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) Konsep manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Al Falah Winong Pati 2) Implementasi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pada SMK Al Falah Winong Pati 3) Efektivitas manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pada SMK Al Falah Winong Pati. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi atau studi literatur. Berdasarkan dari hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Al Falah Winong telah sesuai SNP yang disusun oleh BSNP yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. 2) Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Al Falah Winong tujuan utamanya adalah meningkatkan kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Upaya yang dilakukan adalah dengan cara a) supervisi akademik; b) Pelatihan; c) studi banding, d) memberi penghargaan kepada guru berprestasi, e) meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan.3) Efektivitas Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Al Falah Winong terbukti dari peningkatan nilai rata-rata supervisi akademik perencanaan pembelajaran pada tahun 2016 mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan 2018. Dari 76 naik 2.8 menjadi 79.80. Nilai rata-rata supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran pada tahun 2016 mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan 2018. Dari 77,0 naik 2,0 menjadi 79,0. Nilai rata-rata supervisi akademik pelaksanaan penilaian pada tahun 2016 mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan 2018. Dari 77,4 naik 2,0 menjadi 79,4