IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL SEBAGAI USAHA PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MI NU MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara yang bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan program full day School sebagai usaha pengembangan karakter peserta didik pada MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Implementasi full day school sebagai usaha pengembangan karakter peserta didik pada MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara atas kerjasama seluruh guru, tenaga kependidikan, dan orang tua siswa, mengintegrasikan nilai karakter ke dalam mata pelajaran, pelaksanaan pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan pelaksanaan program budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Pengembangan karakter di MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara melalui: 1). Pendampingan siswa dalam pembelajaran, 2). Tahfidzul / hafalan al - Qur`an dan membaca al-Qur’an,3). Konseling Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Ada dua data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan menggunakan tiga teknik: observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis data diskriptif kualitatif. Aktivitas dalam analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi program full day school, bisa mengembangkan karakter peserta didik pada MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Hal ini menunjukkan bahwa untuk mengembangkan karakter peserta didik pada MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara memerlukan adanya program full day school secara tepat dan konsisten. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi lembaga pendidikan. Persamaan dan perbedaan dengan penelitian - penelitian terdahulu. Persamaannya mengenai variabel full day school namun lokasi dan pelaksanaannya berbeda sehingga hasilnya pasti berbeda, perbedaan lain ada pada fokus penelitian, peneliti dalam penelitian terdahulu peneliti memfokuskan pada managemen pembelajaran full day school, prestasi belajar siswa and pengembangan potensi diri siswa and meningkatkan prestasi belajar siswa, sedangkan dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada pengembangan karakter peserta didik, jadi peneliti yakin penelitan yang peneliti lakukan ini sangat berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya dan penelitian yang peneliti lakukan ini memiliki kelebihan atau keunggulan dari peneliti-peneliti sebelumnya karena mengetahui bagaimana implementasi program full day school sebagai usaha pengembangan karakter peserta didik pada MI NU Mathalibul Huda Mlonggo Jepara.