Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kecerdasan logis matematis siswa sebelum pemanfaatan media film animasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 3 MI Matholi’ul Huda01 Troso.(2) Untuk mengetahui kecerdasan logis matematis siswa sesudah pemanfaatan media film animasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 3 MI Matholi’ul Huda01 Troso.(3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media film animasi terhadap kecerdasan logis-matematis pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas 3 MI Matholi’ul Huda 01 Troso. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu pemanfaatan media film animasi sebagai variabel pengaruh (variable X) dan kecerdasan logis-matematis sebagai variabel terpengaruh (vaiabel Y). Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Kuasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini adalah apabila kecerdasan logis-matematis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengalami peningkatan dari perlakuan/treatmen pemanfaatan media film animasi. Dari hasil yang diperoleh, terdapat pengaruh pemanfaatan media film animasi terhadap kecerdasan logis-matematis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 50 dan pretest kelas eksperimen 55 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 73 dan posttest kelas eksperimen yaitu 81.kemudian pengujian hipotesis melalui analisis uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji t-tes, penghitungan yang telah dilakukan menghasilkan uji Thitung > uji Ttabel (2,768 >1,994). Hal ini dapat dilihat dimana uji Thitung lebih besar dari uji Ttabel. Maka dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh pemanfaatan media film animasi terhadap kecerdasan logis-matematis.