Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pola pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga tukang kayu di Dukuh Kauman Tahunan Jepara. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga tukang kayu di Desa Kauman Tahunan Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang tentang kehidupan dan pola pendidikan yang dilakukan oleh keluarga tukang kayu digunakan metode observasi. Dan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga tukang kayu di Dukuh Kauman Tahunan Jepara digunakan metode wawancara Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis deskriptif-eksploratif dengan melibatkan 3 (tiga) komponen analisis: (a) reduksi data (data reduction), (b) penyajian data (data display), dan (c) penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil penelitian di Kauman Tahunan Jepara dari 30 keluarga yaitu keluarga Makruf, Muklis, Fauzi, Kasdullah, Wafi, Wahyu, Sholekan, Saputro, Khoirul, Kalim, Anto, Yuda, Shokib, Asmaudin, Arsanul, Muhdi, Wafa, Udin, Faizin, Teguh, Rohman, Nur, Dawian, Said, Yusuf, Latif, Agus, Firda, Aris, dan Kanji. Ke-30 keluarga ini menerapkan pola pendidikan demokratis, otoriter, permisif serta situasional. (2) Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga tukang kayu di Kauman Tahunan Jepara yaitu dengan cara orangtua mempraktikkan pendidikan agama Islam anak adalah dengan memberi contoh dan mengajari anak.