MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MTS.SALAFIYAH DESA WANUSOBO KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini fokus pada manajemen pendidikan karakter dengan rumusan masalah; Bagaimana perencanaan penanaman nilai-nilai karakter; Bagaimana evaluasi hasil penanaman nilai-nilai karakter.Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil penanaman nilai-nilai karakter pada MTs Salafiyah Desa Wanusobo, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif.Pengumpulan data dan analisa data berlangsung secara simultan.Pengumpulan data lewat observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian data dianalisa dilakukan dengan analisis interaktif yakni konseptualisasi, katagorisasi, yang dikembangkan atas dasar kejadian secara simultan kemudian direduksi (reduction), penyajian data (display).Selanjutnya diadakan pemeriksaan kesimpulan (conclution) secara terus menerus. Kesimpulan penelitian menunjukkan pertama, bahwa konsep manajemen pendidikan karakter di MTs. Salafiyah, Kedung, Jepara dilaksanakan dengan professional. Kedua, Proses Manajemen yang dilaksanakan oleh pengurus yayasan Salafiyah , kepala sekolah, guru-guru, meliputi perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga dapat berjalan dengan baik. Ketiga, Pengelolaan manajemen pendidikan di madrasah dilakukan dengan cara; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, koordinasi dan evaluasi. Koordinasi dilakukan dengan mengadakan pertemuansatu bulan sekali. Proses evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan penilaian yang berkesinambungan dalam proses pendidikan tenaga pendidik (guru) dan memberikan reward serta penghargaan bagi peserta didik yang berkarakter baik. Atau memberikan punishmen (sangsi) bagi peserta didik yang melanggar peraturan.Keempat, Temuan tesis tentang peserta didik yang berkarakter baik adalah jika peserta didik berkarakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli social, serta tanggung jawab.