Daftar Isi:
  • Tanggal Ujian : Jeoara, 08 September 2021 Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis IKM Tenun Ikat Troso yang diketahui penyebarnya unit furniture di Jepara yang semakin meningkat. Industri Tenun ikat menjadi sumber utama masyarakat Jepara dalam memenuhi kebutuhan perekonomian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penginderaan pasar, inovasi produk, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada usaha furniture di Jepara, dengan mengambil sampel responden melalui pelaku usaha furniture Jepara sebanyak 98 IKM. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik Proporsional Random Sampling pengambilan secara acak.Variabel Independen penelitian ini adalah penginderaan pasar (X1), inovasi produk (X2), dan orientasi kewirausahaan (X3) serta kinerja pemasaran sebagai Variabel Dependen (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif. Sedangkan variabel orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, dengan Nilai signifikan 0,390 lebih besar dari > 0,025 (α = alpha). Hasil uji secara parsial memiliki nilai t hitung (-0,864) lebih kecil dari < t tabel (1,98552). Sedangkan secara simultan Variabel orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan kapabilitas penginderaan pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dengan uji statistik Fhitung dengan nilai Ftabel yaitu 12,994 > 2,47, untuk nilai signifikan 0,000 < 0,025. Nilai koefisien Determinasi dalam penelitian ini yaitu 0,293. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 29,3%, sedangkan sisanya 70,7% dijelaskan faktor lain diluar penelitian ini.