Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis kurir yang diketahui penyebarnya di Jepara yang semakin meningkat. Bisnis kurir menjadi sumber utama kebutuhan masyarakat Jepara dalam memenuhi kebutuhan pengiriman ekspress. Tujuan dari penelitian ini yaitu Custommer Loyalty bagaimana mengetahui hubungan variabel Custommer Loyalty dengan variabel yang mempengaruhi, dengan mengambil sampel responden melalui konsumen JNE Jepara sebanyak 97 orang. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik Non probability Sampling dengan menentukan sampel atau jenis penelitian dengan menggunakan accidental sampling. Variabel Independen penelitian ini adalah Brand Image (X1), Trust (X2), dan Satisfaction (X3) serta Custommer Loyalty sebagai Variabel Dependen (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Brand Image (X1) dan Trust (X2) berpengaruh positif terhadap Custommer Loyalty. Sedangkan variabel Satisfaction berpengaruh negatif terhadap Custommer Loyalty, dengan Nilai signifikan 0,332 lebih besar dari > 0,025 (α = alpha). Hasil uji secara parsial memiliki nilai t hitung (0,974) lebih kecil dari < t tabel (1,661). Sedangkan secara simultan Variabel Brand Image (X1), Trust (X2), dan Satisfaction (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Custommer Loyalty. Dengan uji statistik Fhitung dengan nilai Ftabel yaitu 56,675 > 2,70, untuk nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai koefisien Determinasi dalam penelitian ini yaitu 0,635. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 63,5% , sedangkan sisanya 36,5% dijelaskan faktor lain diluar penelitian ini.