PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN BERPENGARUH PADA HASIL BELAJAR MAPEL AGAMA ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SE KECAMATAN WINONG PATI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah utama penulisan ini adalah: 1. Adakah pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar mapel Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Winong Pati tahun pembelajaran 2018/2019?, 2. Adakah pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar mapel Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Winong Pati tahun pembelajaran 2018/2019 ?, 3. Adakah pengaruh kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar mapel Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Winong Pati tahun pembelajaran 2018/2019?, 4. Adakah pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kualitas pembelajaran secara simultan terhadap hasil belajar mapel Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Winong Pati tahun pembelajaran 2018/2019 ? dan 5. Berapa besar pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Winong Pati tahun pembelajaran 2018/2019?. Sedang tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan jawaban atas masalah-masalah penelitian. Menyimpulkan 1. Hasil analisis regresi tunggal pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar mapel Agama Islam siswa menggunakan rumus statistik Fhitung = 19.02028 sedang menggunakan SPSS = 19.020, kemudian peneliti konsultasikan dengan Ftabel hasilnya signifikan. 2. Hasil analisis regresi tunggal pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar mapel Agama Islam menggunakan rumus statistik Fhitung = 37.29027sedang menggunakan SPSS Fhitung = 37.290, kemudian peneliti konsultasikan dengan nilai Ftabel hasilnya signifikan 3. Hasil analisis regresi tunggal pengaruh kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar mapel Agama Islam menggunakan rumus statistik Fhitung = 64.69410 sedang menggunakan SPSS Fhitung = 64.695, kemudian peneliti konsultasikan dengan Ftabel hasilnya signifikan, 4. Hasil analisis regresi pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kualitas pembelajaran secara simultan terhadap hasil belajar mapel Agama Islam menggunakan rumus statistik 26.6183 menggunakan SPSS sebesar 25.096, dikonsultasikan r tabel hasilnya signifikan, dan 5. Besar pengaruh variabel bebas (independen) terhadap variabel terikat (dependen) bahwa besar pengaruh kompetensi pedagogik mempengaruhi hasil belajar sebesar 47.1% dipengaruhi variabel lain sebesar 52.9%, besar pengaruh kompetensi profesional mempengaruhi hasil belajar sebesar 59.8% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 40.2%, besar pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kualitas pembelajaran mempengaruhi hasil belajar sebesar 60.0% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 40.0%. dan besar pengaruh kualitas pembelajaran mempengaruhi hasil belajar sebesar 69.8% dan dipengaruhi variabel lain sebesar 38.2%.